BEST KINDLE "↠ Orang-orang Proyek" || READ (MOBI) ☆

Orang-orang Proyek By Ahmad Tohari,

  • Title: Orang-orang Proyek
  • Author: Ahmad Tohari
  • ISBN: 9789792225815
  • Page: 359
  • Format: Paperback
  • Aku insinyur Aku tak bisa menguraikan dengan baik hubungan antara kejujuran dan kesungguhan dalam pembangunan proyek ini dengan keberpihakan kepada masyarakat miskin Apakah yang pertama merupakan manifestasi yang kedua Apakah kejujuran dan kesungguhan sejatinya adalah perkara biasa bagi masyarakat berbudaya, dan harus dipilih karena keduanya merupakan hal yang niscaya uAku insinyur Aku tak bisa menguraikan dengan baik hubungan antara kejujuran dan kesungguhan dalam pembangunan proyek ini dengan keberpihakan kepada masyarakat miskin Apakah yang pertama merupakan manifestasi yang kedua Apakah kejujuran dan kesungguhan sejatinya adalah perkara biasa bagi masyarakat berbudaya, dan harus dipilih karena keduanya merupakan hal yang niscaya untuk menghasilkan kemaslahatan bersama Memahami proyek pembangunan jembatan di sebuah desa bagi Kabul, insinyur yang mantan aktivis kampus, sungguh suatu pekerjaan sekaligus beban psikologis yang berat Permainan yang terjadi dalam proyek itu menuntut konsekuensi yang pelik Mutu bangunan menjadi taruhannya, dan masyarakat kecillah yang akhirnya menjadi korban Akankah Kabul bertahan pada idealismenya Akankah jembatan baru itu mampu memenuhi dambaan lama penduduk setempat
    Orang orang Proyek Aku insinyur Aku tak bisa menguraikan dengan baik hubungan antara kejujuran dan kesungguhan dalam pembangunan proyek ini dengan keberpihakan kepada masyarakat miskin Apakah yang pertama merupakan mani

    One thought on “Orang-orang Proyek”

    1. berlebihan tidak sih kalau saya kasih rate 5 habis saya suka sih XDnama tokoh yang pas dengan cerita check tema cerita yang unik check alur cerita check hmm.ak kurang sreg dibagian percintaan kabul dan watinya aja sih kayaknya kurang romantis gitutapi bisa saya maafkan kok hehesedikit cerita, 2 tahun terakhir ini saya memiliki teman dari dunia maya yang berasal dari latar belakang berbeda beberapa yang dekat diantaranya adalah mono,dukalara dan donyiswara sila cari di twitter salah satu dari mer [...]

    2. Sepertinya buku ini wajib dibaca oleh seluruh rakyat Indonesia, terutama yg sudah punya jabatan penting di Pemerintahan view spoiler apalagi yg kemaren ribut ribut minta kasur dan uang jalan biar gak makan di warteg Sumpah, nggilani hide spoiler Siapa tahu, nuraninya tergerak dan kembali menjalankan tugasnya sesuai jobdesk nya yg dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat Dan juga sebagai pengingat kalo mereka bukan raja kecil yg menganggap pajak rakyat adalah upeti bagi mereka Buku Ahmad Tohari yg [...]

    3. Dan ada cerita humor yang sangat populer tentang orang orang proyek Suatu saat di akhirat, penghuni neraka dan penghuni surga ingin saling kunjung Maka penghuni kedua tempt itu sepakat membuat jembatan yang akan menghubungkan wilayah neraka dan wilayah surga Bagian jembatan di wilayah neraka akan dibangun oleh orang neraka dan sebaliknya Ternyata penghuni neraka lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya darpada para penghuni surga Dan ketika dicari sebabnya, ditemukan kenyataan di antara para pengh [...]

    4. Mereka yang sudah lama berkencan di dunia sastra tak akan asing lagi dengan seorang yang bernama Ahmad Tohari Namanya bisa disejajarkan dengan Y.B Mangunwijaya ataupun Arswendo Atmowiloto dalam soal menganyam kata Dia berhasil meneribitkan trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang akhirnya mengangkat dirinya sebagai novelis yang patut diperhitungkan dalam wacana sastra Indonesia Terkenal dengan permainan majasnya dalam setiap cerita dan kata kata yang asing didengar oleh orang orang.Di dalam novelnya ya [...]

    5. Saya sebenarnya bukan pembaca karya sastra indonesia yang bersemangat, cuma pernah baca sedikit sekali novel sastra Eh, sebenarnya saya engga bisa membedakan mana yang karya sastra mana yang bukan sih, bisa ngomong novel ini karya sastra juga hanya berdasar dari label di barcode novelnya saja Tapi secara umum bagi saya yang disebut karya sastra adalah karya yang ditulis dengan bahasa yang baku dan serius, membahas permasalahan yang aktual ataupun pemikiran kontemplatif mendalam, becanda pun deng [...]

    6. Judul Orang orang proyekPenulis Ahmad TohariPenerbit Gramedia Pustaka UtamaDimensi 224 hlm, 21 cm, januari 2007ISBN 909 22 2681 1Menjadi kepala pelaksana proyek pembangunan jembatan di Sungai Cibawor bagi Kabul insinyur teknik sipil yang juga mantan aktivis kampus merupakan pekerjaan yang berat Ia yang dibesarkan dengan nilai nilai arif kehidupan oleh Bapa dan Biyung dalam kesederhanaan, harus menghadapi banyaknya permainan yang terjadi dalam proyek Mulai dari banyaknya pungutan liar, mutu bahan [...]

    7. 18 Desember 2017 13 01.Suatu saat di akhirat, penghuni neraka dan penghuni surga ingin saling kunjung Maka penghuni kedua tempat itu sepakat membuat jembatan yang akan menghubungkan wilayah neraka dan wilayah surga Bagian jembatan di wilayah neraka akan dibangun oleh orang neraka dan sebaliknya Ternyata penghuni neraka lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya daripada para penghuni surga Dan ketika dicari sebabnya, ditemukan kenyataan di antara para penghuni neraka banyak mantan orang proyek Hal 2 [...]

    8. mau ngasih 5 tapi gak suka sama sidekick cerita romansa Wati sama Kabul, atau lebih tepatnya ga sukaaa sama cara Wati haha habis baca buku ini jadi ingat BREXIT.Kalo jembatan aja banyak yg dikorupsi apalagi tol yang panjaaaangg banget ini, bagian mana yaaa yg dipotong dr anggaran sesungguhnya wkwkwskr kalo lihat proyek2 pasti mikirnya pasti dikorupsi nih wkwk Kegilaan ini akan berlangsung sampai kapan Mas Rayap baru berhenti makan bila kayu yang digerogotinya sudah habis Atau bila mereka disiram [...]

    9. Ir Kabul, seorang insinyur sipil dan mantan aktivis kampus, mendapatkan tugas untuk mengawasi jalannya pembangunan sebuah jembatan di sungai Cibawor Dengan latar awal tahun 1990 an, novel ini mengisahkan pertempuran antara idealisme hidup bersih melawan realisme korupsi yang marak di zaman orde baru Di saat itu, sudah menjadi rahasia umum, bahwa di segala aspek kehidupan, Indonesia digerogoti jahatnya korupsi, kolusi dan nepotisme Kejahatan ini mencuat dalam berbagai proyek, salah satunya proyek [...]

    10. Books 108 2014 Kabul belum beranjak Matanya masih memandang jembatan baru itu dengan mata dan dengan hatinya Kamu tampak bagus dan gagah Tapi proses pembangunanmu diselimuti ke sontoloyo an yang parah Umurmu tak akan panjang dan anggaran pembangunanmu yg sebagian jadi bancakan akan menjadi beban masyarakat miskin Kabul, halaman 213 Mereka, orang2 proyek, baik dari pihak pemilik maupun pemborong, sama saja Mereka tahu dan sadar akan kegilaan mereka Dan tampaknya mereka tak perduli, bagi mereka pr [...]

    11. Dan karena kebiasaan itu, kata proyek pun kini memiliki tekanan arti yang khas Yakni semacam kegiatan resmi, tapi bisa direkayasa agar tercipta ruang untuk jalan pintas menjadi kaya Maka apa saja bisa diproyekkan hlm 252 Salah satu novel Indonesia yang, menurut saya, sangat sangat bagus Pilihan katanya sederhana, membaca novel ini membuat saya mengingat pengalaman saat saya kecil membaca cerita cerita dalam majalah untuk anak anak Hanya saja, ada beberapa dialog yang agak memaksa, terkesan sang [...]

    12. Berseting waktu tahun 90an, buku ini mengajak melihat dari dekat carut marut negeri kita, budaya korup, feodalisme baru, penyeragaman, rekayasa, munafik yang semuanya dibungkus dalam retorika pembangunanngan menyindir partai politik terbesar mungkin terakus pada saat rezim orba berkuasa, dikala makna kedaulatan rakyat sudah dijungkirbalikkantika tokoh utama dalam cerita ini, Kabul, dihadapkan pada permainan kekuasaaan dan politik dalam proyek, sanggupkah ia bertahan pada idealismenya Seperti nas [...]

    13. Mengisahkan tentang kehidupan di tempat proyek, tentang kerasnya bekerja di tempat proyekan bagi sang tokoh utama Tempat proyek tempatnya wong wong lanang dengan segala tetek bengeknya, tempat melepas penat dengan hiburan kampung seadanya, atau tempat mengais rejeki bukan hanya bagi mandor, kuli dan bos proyek tetapi bagi pedagang warung Tegal di sekitaran proyek.Karya sastra ini begitu mudahnya menggambarkan suasana kehidupan proyek dan pedesaan sekitaran proyek.

    14. Suatu saat di akhirat, penghuni neraka dan penghuni surga ingin saling kunjung Maka penghuni kedua tempat itu sepakat membuat jembatan yang akan menghubungkan wilayah neraka dan wilayah surga Bagian wilayah neraka akan dibangun oleh orang neraka dan sebaliknya Ternyata penghuni neraka lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya daripada para penghuni surga Dan ketika dicari sebabnya, ditemukan kenyataan diantara para penghuni neraka banyak mantan orang proyek.

    15. Selalu menyelipkan kisah cinta, mungkin supaya pembaca ga terlalu dibikin piss off sama masalah yang sebenernya hehehe karena duh, baca buku ini beneran bikin kesellllll

    16. Novel ini membuat kita berpikir lagi tentang makna kejujuran yang sudah hampir tidak bermakna lagi di zaman sekarang ini

    17. Ahmad Tohari, orang yang membuat saya penasaran sejak Ronggeng Dukuh Paruk Sewaktu di toko buku saya melihat ada buku ini, Ahmad Tohari Sinopsisnya cukup membuat saya tergugah untuk membacanya dan kondisinya pas dengan saya memang menjadi orang proyek.Orang Orang Proyek merupakan karya di tahun 2002 Jujur saja saya selalu lama saat membaca buku dengan gaya bahasa yang bisa dikatakan jadul seperti ini Ahmad Tohari mengemas kisah pergolakan hati Kabul dan keterkaitannya dengan tokoh tokoh kunci la [...]

    18. Ora edan ora komanan Benar kata Pak Tarya, zaman sekarang, kalaunggakikutan edan, cuma bisa gigit jari Dan ini permasalahan yang dihadapi semua eks aktivis mahasiswa saat bekerja kelak Perang antara tuntutan pekerjaan dan idealisme pasti terjadi, persis seperti si Kabul Terlebih lagi, si Kabul hidupnya zaman Orba.Mengapa cuma 3 5 kalau ceritanya asyik gitu Sebelumnya, saya adalah pembaca Ahmad Tohari yang taat Saya telah baca 7 buku beliau dan selalu terpukau dengan alam si tokoh yang hampir sem [...]

    19. Yang membuat buku ini menarik buat saya adalah bahwa setiap konflik yang terdapat pada buku ini sangat orisinil, dengan kata lain memang ditemukan di pekerjaan proyek seperti ini Mulai dari intervensi orang orang yang ingin mengambil keuntungan dari segi uang hingga ke politik Buku ini sangat jujur dan wajib dibaca untuk mereka mereka yang penasaran dengan dunia projek itu seperti apa Berhubung sekarang pemilu semakin dekat, buku ini juga bisa dijadikan sebuah gambaran tentang apa yang akan terj [...]

    20. Entah mengapa semuanya harus berakhir dengan baik baik saja Semua tokoh mendapatkan apa yang mereka inginkan Yang tersisa hanyalah rakyat yang lagi lagi memperoleh layanan kelas teri Saya sempat mengharapkan Kabul mendapatkan akhir cerita yang lebih mengenaskan atau dramatis Boleh jadi Kabul hanyalah kisah pengecualian Ironisnya, tak sampai selang 12 jam selepas menuntaskan Orang Orang Proyek, saya mendapati terowongan penyeberangan penumpang di Stasiun Pondok Ranji tengah dilakukan pemugaran di [...]

    21. Saat ditekan oleh sistem dan disodorkan kemewahan duniawi, sejauh mana idealismemu mampu bertahan Atau idealismemu hanya sebatas saat jadi mahasiswa Setelah terjun ke dunia kerja malah lupa tujuan dari pendidikan itu sendiri Ada cerita humor yang sangat populer tentang orang orang proyek Suatu saat di akhirat penghuni neraka dan penghuni surga ingin saling berkunjung Maka penghuni kedua tempat itu sepakat membuat jembatan yang akan menghubungkan wilayah neraka dan wilayah surga Bagian jembatan d [...]

    22. Pernah melihat bangunan sekolah yang rusak padahal baru dibangun atau jembatan yg rusak padahal beberapa bulan baru selesai dikerjakan Buku ini bikin saya sedikit memahami tentang sebuah proyek,lalu istilah bagi bagi pada pemangku kekuasaan, saya ndak pernah nyangka sebelumnya sebuah proyek, buanyak dan njelimet pol pos yg harus diampiri ,sebelum akhirnya dibelikan bahan baku untuk bangunan utama Novel penuh sindiran, dengan tokoh utama mantan aktivis kampus yg berhadapan dengan rekan aktivisnya [...]

    23. Dilihat dari aspek moralnya yang amat kental, buku ini memacu saya untuk terus membacanya dari lembar ke lembar berikutnya buku yang berani menyatakan aspirasi dalam kehidupan orang orang proyek Tegakkan kepalamu di hadapan mereka yang dibesarkan dengan makanan enak, serbamudah, dan mewah, tapi semuanya berbau neraka karena merupakan hasil korupsi dan hasil menipu rakyat Percayalah, di hadapan kesejatianmu, mereka tak ada apa apanya 104 Pragmatisme sudah nyata hadir, sehingga orang orang idealis [...]

    24. Satirnya sangat mengena Pak Ahmad Tohari tidak bertele tele dalam menampilkan konflik Alurnya konsisten Sepertinya ditulis dengan penuh kesabaran Pilihan diksinya pun pas Namun, ada sejumlah terminologi dalam Bahasa Jawa yang saya sendiri tak tahu artinya padahal orang Jawa D.Tokoh utamanya, Kabul, sangat idealis dan gaya hidupnya sederhana Karakternya sangat patut diteladani Kabul berani menentang apa yang tak sesuai nuraninya Sayangnya, kehadiran Wati untuk membumbui kisah cinta dalam Orang or [...]

    25. Baca buku ini sungguh menambah wawasan lahir batin saya Batin bagaimana hidup bisa dijalani dengan nyaman meski tak punya harta Lahir entah benar atau tidak segala kemerosotan moral yg digambar dalam buku ini, saya jd bs membayangkan alasan tragedi 1998 terjadi Baca buku ini saya pun jd baperan Ikut marah, sedih, juga prihatin Seperti biasa tulisan Ahmad Tohari selalu bisa memukau saya Ingin rasanya bisa menghasilkan karya yang dapat menandingi karya karya Ahmad Tohari.

    26. Buku ini selesai ditulis tahun 2001 Latar belakangnya tahun 90 an dan orde baru lagi jaya jayanya Tetapi, ternyata belasan tahun kemudian cerita di buku ini rasanya masih sangat relevan dengan kenyataan yang ada sekarang Cerita yang diangkat itu, khususnya buat kita yang muda muda, sangat bisa jadi pelajaran bahwa realitanya negara kita masih belum selesai dirampok Kita harus kuat kuat punya pendirian yang baik Seperti Insinyur Kabul.

    27. Sedih rasanya ketika berada di tengah situasi yang tidak kita suka tetapi tetap harus mengikutinya Barangkali itu yang dirasakan Insinyur Kabul Ia seorang mantan aktivis anti korupsi di kampus tetapi harus bekerja di tengah proyek yang korup Kisah kabul dikemas dengan indah oleh Ahmad Tohari dalam novelnya Orang Orang Proyek Anda bisa membaca resensi saya dalam tautan berikut.hafidrid.wordpress 2017 1

    28. Dunia yang dibuat Ahmad Tohari selalu menarik, karena memang, budaya Jawa Banyumasan memang mengesankan Novel ini mengemas perbedaan nilai yang harus dihadapi oleh seorang insinyur ketika terjun dalam dunia kerja sekaligus masyarakat Rahasia umum itu dielaborasi sesuai dengan sejarah bangsa Indonesia paska dekade 80 an, yang pada akhirnya menguatkan tekad sang insinyur untuk berlaku sesuai apa yang diajarkan Biyung dan Bapa nya Romansa kecil kecilan mungkin hanya bumbu yang ditaburkan sebagai pe [...]

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *